5 Fakta Penting Jelang Debat Calon Wakil Presiden 21 Januari 2024

5 Fakta Penting Jelang Debat Calon Wakil Presiden 21 Januari 2024

5 Fakta Penting Jelang Debat Calon Wakil Presiden 21 Januari 2024 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menyelenggarakan debat keempat dalam rangka Pemilihan Presiden th. 2024. Debat kali ini bakal melibatkan calon-calon Wakil Presiden (Cawapres).

Tiga calon wakil presiden, yaitu Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud Md bakal beradu ide di panggung debat terhadap Minggu, (21/1/2024). Berikut adalah lima hal yang harus diketahui berkenaan debat cawapres terhadap tanggal 21 Januari 2024 mendatang:

5 Fakta Penting Debat Calon Wakil Presiden

Lokasi dan Jadwal

Debat keempat Pilpres 2024 bakal di gelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. KPU menyebutkan JCC dipilih karena ketersediaan area dan memudahkan tim dari tiap tiap paslon.

“Debat keempat yang bakal di adakan terhadap 21 Januari nanti bakal terjadi di JCC,” ungkap Komisioner KPU RI, August Mellaz, di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, terhadap Senin (15/1/2024).

“Jika menyaksikan pengalamannya di JCC, tidak cuman karena ketersediaan fasilitas, secara tekhnis daerah tersebut terlampau membantu tim penyelenggara debat, dan juga pasangan calon terlampau familiar dengan lokasinya,” jelasnya.

Debat keempat bakal di gelar terhadap Minggu (21/1/2024) terasa pukul 19.00 WIB. Debat bakal terjadi sepanjang 120 menit dan terbagi dalam enam segmen. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan bahwa tidak bakal ada pergantian terhadap format debat tersebut.

11 Panelis untuk Debat Cawapres

KPU sudah menginformasikan nama 11 panelis yang bakal terlibat dalam debat keempat Pilpres 2024. Nama-nama panelis tersebut sudah di sepakati oleh tim pasangan calon masing-masing. Selama proses penyusunan pertanyaan, para panelis bakal mengikuti karantina yang di tetapkan oleh KPU.

“Yang bakal kita karantina nanti tanggal 19, hari Jumat ya,” kata narasumber.

Berikut ini adalah daftar 11 nama panelis untuk debat keempat:

1. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin).

2. Dr. Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM).

3. Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).

5. Fabby Tumiwa (Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform atau IESR).

6. Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor).

7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).

Selain itu, salah satu narasumber yang di interview adalah Rukka Sombolinggi, SP, M.A yang merupakan Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara dan juga Ahli Masyarakat Adat. Beliau mengimbuhkan pandangannya berkenaan isu-isu perihal debat cawapres yang bakal di laksanakan terhadap tanggal 21 Januari 2024.

Pada 21 Januari 2024, kita bakal menyaksikan debat yang bakal melibatkan calon wakil presiden dari berbagai partai politik. Salah satu calon yang bakal turut berdebat adalah Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, yang juga merupakan pakar manajemen lingkungan dan pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Diponegoro dari th. 2010 sampai 2015.

10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia).

Pada 21 Januari 2024, bakal diadakan debat antar calon wakil presiden yang menjadi moment penting dalam pemilihan presiden mendatang. Salah satu narasumber yang bakal datang dalam debat tersebut adalah Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D, seorang pakar dalam bidang Perencanaan Wilayah dan Perdesaan dari Institute Teknologi Bandung.

Baca Juga: Kampanye Akbar Pemilu 2024 Mulai 21 Januari: Zonasinya Terbagi Seperti Ini!

Moderator Debat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menentukan dua nama moderator debat keempat Pemilihan Presiden 2024. Mereka adalah Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar.

“Moderator keduanya perempuan, yaitu Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar,” ujar Komisioner KPU RI, August Mellaz.

Dalam debat keempat yang bakal di ikuti oleh tiga cawapres, ada dua nama yang bakal memandu proses debat tersebut. Debat ini di rencanakan terjadi sepanjang 120 menit dan bakal mengupas enam tema yang penting.

6 Tema Dibahas dalam Debat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menginformasikan terdapatnya pergantian lapisan tema dalam debat keempat Pilpres 2024. Secara total, terdapat juga enam tema yang bakal dibahas dalam debat keempat tersebut.

“Tema dari tujuh tema tersebut lantas sudah kita susun menjadi enam tema. Tema pertama adalah pembangunan terus-menerus dan lingkungan hidup, tema ke dua adalah sumber energi alam dan energi, tema ketiga adalah pangan, tema keempat adalah agraria, tema kelima adalah penduduk adat, dan tema keenam adalah desa,” ujar August Mellaz.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) awalannya memiliki rencana tujuh tema yang bakal di bahas dalam debat yang bakal di ikuti oleh calon wakil presiden. Namun, tujuh tema yang awalannya di tetapkan oleh KPU adalah:

Berikut adalah sebagian hal yang harus di ketahui sebelum saat mengikuti Debat Cawapres yang bakal di laksanakan terhadap tanggal 21 Januari 2024:

  • Pembangunan Berkelanjutan
  • Sumber Daya Alam
  • Lingkungan Hidup
  • Energi
  • Pangan
  • Agraria
  • Masyarakat Adat dan Desa

Giliran Pemaparan Visi Misi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menginformasikan bahwa Cawapres nomer urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, bakal mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi misinya dalam debat.

“Jadi yang bakal mengemukakan visi misi, di segmen pertama itu di mulai dari paslon 1, lantas paslon 2, lantas paslon 3,” kata August Mellaz.

Mellaz perlihatkan bahwa cawapres nomer urut 2, Gibran Rakabuming Raka, bakal di beri kesempatan pertama untuk menjawab pertanyaan dari panelis. Mellaz juga menyebutkan bahwa format tersebut bakal berulang sampai segmen terakhir.

“Nanti segmen ke dua urutannya ya, menjadi 2, 3, 1 nanti balik lagi, itu sudah di atur nanti moderator juga tentu fokus di situ,” jelasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah melaksanakan tiga debat dalam Pilpres 2024. Pada debat pertama, calon presiden nomer urut 1, Anies Baswedan, mendapatkan kesempatan pertama untuk memaparkan visi misi.

Pada debat kedua, cawapres nomer urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi dan misinya. Kemudian, terhadap debat ketiga, capres nomer urut 3, Ganjar Pranowo, juga mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi dan misinya.

Avatar admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Liyana Parker

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.